A.
Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi
1.
Definisi Ilmu
IPTEK adalah akronim dai Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi. Yang dimaksud dengan atau pengertian tentang ilmu pengetahuan adalah
pengetahuan yang didasarkan atas fakta-fakta di mana pengujian kebenarannya
diatur menurut suatu tingkah laku sistem. Kamus Besar Bahasa Indonesia
menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang
disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk
menerangkan gejala-gejala tertentu. Adapun beberapa definisi ilmu menurut para
ahli seperti yang dikutip oleh Bakhtiar tahun 2005
diantaranya adalah :
a)
Mohamad Hatta, mendefinisikan ilmu adalah pengetahuan
yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang
sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut
bangunannya dari dalam.
b)
Ralph Ross dan Ernest Van Den Haag, mengatakan ilmu
adalah yang empiris, rasional, umum dan sistematik, dan ke empatnya serentak.
c)
Karl Pearson, mengatakan ilmu adalah lukisan atau
keterangan yang komprehensif dan konsisten tentang fakta pengalaman dengan
istilah yang sederhana.
d)
Ashley Montagu, menyimpulkan bahwa ilmu adalah
pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengamatan, studi
dan percobaan untuk menentukan hakikat prinsip tentang hal yang sedang dikaji.
e)
Harsojo menerangkan bahwa ilmu merupakan akumulasi
pengetahuan yang disistemasikan dan suatu pendekatan atau metode pendekatan
terhadap seluruh dunia empiris yaitu dunia yang terikat oleh faktor ruang dan
waktu, dunia yang pada prinsipnya dapat diamati oleh panca indera manusia.
Lebih lanjut ilmu didefinisikan sebagai suatu cara menganalisis yang
mengijinkan kepada ahli-ahlinya untuk menyatakan suatu proposisi dalam bentuk :
“ jika .... maka “.
f)
Afanasyef, menyatakan ilmu adalah manusia tentang
alam, masyarakat dan pikiran. Ia mencerminkan alam dan konsep-konsep, katagori
dan hukum-hukum, yang ketetapannya dan kebenarannya diuji dengan pengalaman
praktis.
Yang dimaksud dengan
atau pengertian tentang ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang
didasarkan atas fakta-fakta di mana pengujian kebenarannya diatur menurut suatu
tingkah laku sistem. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa ilmu pengetahuan
adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut
metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu.
Ilmu pengetahuan menurut
Horton, P, B., dan Chester L, H merupakan upaya pencarian pengetahuan yang
dapat diuji dan diandalkan, yang dilakukan secara sistematis menurut
tahap-tahap yang teratur dan berdasarkan prinsip-prinsip serta prosedur
tertentu sedangkan tekonologi adalah penerapan penemuan-penemuan ilmiah
untuk memecahkan masalah-masalah praktis.
Ilmu pengetahuan pada
dasarnya memiliki tiga komponen penyangga tubuh pengetahuan yang disusun
sebagai berikut:
1)
Ontologis,
dapat diartikan sebagai hakikat apa yang dikaji oleh pengetahuan, sehingga
jelas ruang lingkup wujud yang menjadi objek penelaahannya, dengan kata lain
ontologis merupakan objek formal dari suatu pengetahuan
2)
Epistemologis,
dapat diartikan sebagai cara bagaimana materi pengetahuan diperoleh dan disusun
menjadi tubuh pengetahuan
3)
Aksiologis,
merupakan asas menggunakan ilmu pengetahuan atau fungsi dari ilmu pengetahuan.
2.
Definisi Teknologi
Teknologi, teknologi merupakan berasal dari bahasa Yunani, yaitu tekne,
yang berari pekerjaan, dan logos, berarti suatu studi peralatan,
prosedur dan metode yang digunakan pada berbagai cabang industri. Berikut ini
definisi teknologi menurut para ahli:
a)
Menurut Prayitno dalam Ilyas (2001), teknologi adalah
seluruh perangkat ide, metode, teknik benda-benda material yang digunakan dalam
waktu dan tempat tertentu maupun untuk memenuhi kebutuhan manusia.
b)
Menurut Mardikanto (1993), teknologi adalah suatu
perilaku produk, informasi dan praktek-praktek baru yang belum banyak
diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian warga
masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya
perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.
c)
Wikipedia.org mendefenisikan teknologi merupakan
perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna
memproses serta mengendalikan suatu masalah.
Kesimpulannya, ilmu pengetahuan mempunyai teori-teori atau rumus-rumus yang
tetap, dan teknologi merupakan praktek atau ilmu terapan dari teori-teori yang
berasal dari ilmu pengetahuan. Jadi ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai
saling mempunyai hubungan. Jika tidak ada ilmu pengetahuan, teknologi tidak
akan ada.
B.
Dampak Perkembangan
IPTEK
1.
Bidang Informasi dan
Komunikasi
Dalam bidang
informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari
kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:
a)
Kita
akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di
bumi bagian manapun melalui internet
b)
Kita
dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan
melalui handphone
c)
Kita
mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah, dan lain-lain.
Disamping
keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi
tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
a)
Pemanfaatan
jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).
b)
Penggunaan
informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah
gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.
c)
Kerahasiaan
alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi
tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara
langsung dari internet. Kecemasan teknologi, selain itu ada kecemasan skala
kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus,
kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres
yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
2.
Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai
peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
a)
Munculnya
media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu
pengetahuan.
b)
Munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru
yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi
tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
c)
Sistem
pembelajaran tidak harus melalui tatap muka Dengan kemajuan teknologi proses
pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga
menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Disamping itu juga
muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
a)
Kerahasiaan
alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven,
Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari
permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan
pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui
internet tersebut.
b)
Penyalahgunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita
tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang
berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu
komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan
lain-lain.
C.
Dampak Kemajuan
Teknologi terhadap Perkembangan Emosi Anak
Kemajuan
teknologi misalnya internet ternyata berdampak kepada emosi anak. Dampak
kemajuan teknologi terhadap perkembangan emosi anak dapat dibagi menjadi 2.
Dampak kemajuan teknologi ada yang positif dan ada yang negatif. Adanya
kemajuan teknologi sisi positifnya anak lebih berfikir kritis, logis, dan
terbuka. Selain itu, kemampuan verbal dan non verbal anak lebih berkembang.
Namun, ada sisi negatif dari kemajuan teknologi, yaitu anak kurang terasah
kreatifitasnya, anak kurang berkembang kecerdasannya baik intelektual maupun
emosionalnya, anak cenderung menjadi anak yang pasif, dan egois. Kemajuan
teknologi berpengaruh terhadap psikis anak termasuk emosi anak. Hal ini tentu
saja kurang baik bagi perkembangan mental atau pribadi anak di kemudian hari.
Adanya kemajuan teknologi menjadikan seorang anak terlalu asyik dengan dunianya
sendiri. Dan anak menjadi kurang bersosialisasi dengan lingkungan, padahal kita
ketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial. Sosialisasi dan komunikasi adalah
hal yang ikut menentukan seseorang berhasil dalam hidupnya. Sosialisasi
meliputi aspek kerja sama atau gotong royong, kesabaran, sportivitas,
kejujuran, dan tenggang rasa. Selain itu dengan kurang terlatihnya pengendalian
emosi di waktu masih kanak-kanak maka dikuatirkan saat dewasa tingkat emosinya
belum matang. Hal ini dapat menjadi masalah tersendiri bagi anak bila dewasa
kelak.
Kemajuan
teknologi memang bertujuan untuk semakin memudahkan kegiatan yang dilakukan
manusia. Namun perlu diingat bahwa kemajuan teknologi memiliki dampak buruk
bagi perkembangan emosi dan mental anak.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan sebagai dampak kemajuan teknologi
terhadap perkembangan emosi anak yaitu:
1. Orangtua
tidak boleh acuh tak acuh dalam kegiatan dan aktivitas anak. Sebaiknya orangtua
ikut aktif berperan dan mengarahkan setiap aktivitas yang dilakukan anak.
2. Orangtua
sebaiknya selalu memperbaharui informasi tentang kemajuan teknologi yang
mungkin akan bersentuhan dengan dunia anak, misalnya tentang game online,
gadget terbaru, dan informasi yang berhubungan dengan kemajuan teknologi
lainnya.
3. Jadikan
anak sebagai teman dan sahabat, sehingga anak tidak canggung atau kaku bila
berbicara dengan orangtua. Orangtua hendaknya menjadi sahabat yang dapat
dipercaya oleh anak. Berkata yang benar, dan tidak menakuti atau mengancam
merupakan cara mempererat hubungan dengan anak. Hal ini akan berpengaruh positif
bagi emosi anak, yaitu anak akan terbuka untuk menceritakan semua aktivitas
yang dilakukannya. Begitu pula dalam hal emosi, emosi bukan hanya sekedar rasa
marah saja, namun rasa sedih, takut, bingung, cemas, frustasi juga termasuk
rasa emosi. Bila hubungan anak dan orangtua dekat, baik dan tidak
bermasalah, maka anak akan lebih dapat mengontrol emosi yang terjadi dan
buruknya dampak kemajuan teknologi terhadap perkembangan emosi anak dapat
diminimalkan.
D.
Tingkatan Teknologi
Berdasarkan Penerapannya
1.
Teknologi Tinggi ( Hi
– tech )
Suatu
jenis teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu
pengetahuan terbaru. Contoh : komputer, laser, bioteknologi, satelit komunikasi
dan sebagainya. Ciri-ciri teknologi ini adalah padat modal, didukung rasilitas
riset dan pengembangannya, biaya perawatan tinggi, ketrampilan operatornya
tinggi dan masyarakat penggunanya ilmiah.
2.
Teknologi Madya
Suatu
jenis teknologi yang dapat dikembangkan dan didukung masyarakat yang lebih
sederahan dan dapat digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling
menguntungkan. Ciri teknologi madya adalah tidak memerlukan modal yang terlalu
besar dan tidak memerlukan pengetahuan baru, karena telah bersifat rutin.
Penerapan teknologi maday ini bersifat setengah padat modal da padat karya,
unsure-unsur yang mendukung industrinya biasanya dapat diperoleh di dalam
negeri dan keterampilan pekerjanya tidak terlalu tinggi.
3.
Teknologi Tepat Guna
Teknologi
ini dicirikan dengan skala modal kecil, peralatan yang digunakan sederhana dan
pelaksanaannya bersifat padat karya. Biasanya dilakukan di Negara-negara
berkembang, karena dapat membantu perekonomian pedesaan, mengurangi urbanisasi
dan menciptakan tradisi teknologi dari tingkat paling sederhana.
Dengan
kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang teknologi
informasi dan teknologi transportasi yang dicapai manusia pada unjung
pertengahan kedua abad ke XX, memungkinkan arus informasi menjadi serba cepat:
apa dan oleh siapa dari seluruh muka bumi (bahkan sebagian jagat raya) –
menembus ke seluruh lapisan masyarakat dengan bebas tanpa membedakan siapa dia
si penerima. Tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi,
ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar